oleh

Warga Binaan di Rumtan Temanggung Jalani Vaksinasi Covid-19

TEMANGGUNG – Sejumlah 136 orang warga binaan di Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Temanggung, mengikuti vaksinasi Covid-19, di Aula Rutan setempat, Rabu (4/8/2021). Uniknya, beberapa di antara mereka ada yang menangis histeris saat akan disuntik vaksin Covid-19.

Gunawan, salah satu warga binaan terlihat pucat pasi saat hendak disuntik vaksin Covid -19 oleh petugas kesehatan. Ia bahkan meronta dan menangis histeris, hingga terpaksa dipegangi rekannya saat jarum suntik menembus kulit lengan.

Meski demikian, Gunawan mengaku sangat lega bisa menjadi salah satu penerima vaksin, meski masih dalam masa tahanan.

Baca Juga  Erzaldi Rosman Dorong Percepatan Vaksinasi COVID-19 di Belitung

“Sejak kecil belum pernah disuntik, takut, namun sekarang lega dan ternyata tidak sakit,” ujarnya.

Apa yang dialami Gunawan juga dirasakan oleh satu warga binaan lainnya yang juga sama-sama menangis saat divaksin. Bahkan, ketika akan dilakukan swab test maupun penyuntikan vaksin, warga binaan menunjukkan reaksi yang berbeda-beda.

Beberapa warga binaan melangkah dengan ekspresi takut, bahkan ada yang lari kembali ke kamar hunian, karena takut diswab dan disuntik.

Sementara itu, Plt Kepala Rutan Temanggung Novian Endus Santoso, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan Kodim 0706/Temanggung, yang telah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan.

Baca Juga  Yang Muda Bicara Pancasila

“Warga binaan kami ada 136 orang, semua wajib melakukan vaksin. Tergantung skrining, jika lolos tentunya harus vaksin,” terangnya.

Ditambahkannya, warga binaan memiliki hak yang sama atas jaminan kesehatan dari negara. Oleh karena itu, vaksinasi bagi para warga binaan menjadi penting dilakukan.

“(Warga binaan) berbeda dengan masyarakat luar yang bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dan perawatan di rumah sakit. (Jadi) vaksinasi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan para warga binaan,” katanya.

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Insan Pers akan Dihadiri Presiden - Termasuk Vaksinasi dalam Rangka HPN 2021

Sementara itu, Dandim 0706/ Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto, di tempat yang sama mengatakan, pihaknya akan terus melakukan jemput bola mendekati berbagai komunitas untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

”Seperti sekarang, warga binaan kan tidak mungkin datang ke Kodim, jadi kita yang ke Rutan,” terangnya.

Ditambahkan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 9.700 warga Temanggung. Pihaknya akan terus melakukan vaksinasi sebagai langkah percepatan ke seluruh lapisan masyarakat. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed