oleh

Vaksinasi Merdeka Candi Targetkan Empat Ribuan Orang Kota Pekalongan

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak empat ribuan orang menjadi target vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar oleh Polres Pekalongan Kota bekerja sama dengan Kodim 0710/Pekalongan dan Pemerintah Kota Pekalongan. Kegiatan bertajuk Vaksinasi Merdeka Candi tersebut dilaksanakan pada 5-17 Agustus 2021.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP M Irwan Susanto, menjelaskan, program Vaksinasi Merdeka Candi merupakan strategi vaksinasi yang digelar dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Selain itu, acara tersebut diselenggarakan untuk mempercepat tercapainya kekebalan komunitas (herd immunity).

“Target kami dari kepolisian hari ini adalah dari komunitas ojek online, organisasi kemasyarakatan, pekerja usaha,” beber AKPB Irwan saat meninjau kegiatan vaksinasi di halaman Polres Pekalongan Kota, Kamis (5/8/2021).

Ditambahkan, kegiatan tersebut dibantu oleh tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Pekalongan, di antaranya Rumah Sakit Aro, RSUD Bendan, Rumah Sakit Hermina, dan Rumah Sakit Budirahayu.

Baca Juga  Himbauan Warga dan Pelaku Usaha Patuhi SE

Kegiatan vaksinasi serupa, lanjutnya, juga dilaksanakan oleh TNI Kodim 0710/Pekalongan di Kampus IAIN Pekalongan, Pondok Pesantren dan Gedung Aswaja. Vaksinasi sengaja dilakukan di berbagai lokasi secara serentak agar dapat memenuhi target peserta sebanyak empat ribu per hari, baik kelompok mahasiswa, pelajar, masyarakat umum, ataupun lansia.

Irwa menegaskan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polda Jateng, TNI, dan Dinas Kesehatan setempat, untuk menjaga ketersediaan vaksin Covid-19.

“Sampai tanggal 17 Agustus mendatang, kami pastikan vaksin ada dan siap diberikan kepada masyarakat. Jadi,masyarakat yang sudah mendaftar, maupun yang baru ingin mendaftar, insyaallah siap terlayani untuk bisa divaksin semua,” paparnya.

Baca Juga  Satpol PP Kota Yogyakarta Terus Tegakkan Aturan PPKM Level 4 Melalui Patroli

Salah seorang pengemudi ojek daring dari Komunitas Gojek Kota Pekalongan, Setiabudi, berharap, dengan divaksin maka dirinya bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang baik di tengah pandemi Covid-19.

“Kami sangat senang dan menyampaikan terimakasih atas kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76. Kami sampaikan apresiasi atas pelayanan Polri yang telah ramah dan profesional,” ucap Budi.

Dosis Pertama

Kegiatan vaksinasi Merdeka Candi juga digelar oleh Polres Batang, dengan jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 4.200 orang. Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, menyampaikan, kegiatan vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di Gor Sarengat Polres Batang dengan target 2.996 orang dan di setiap kecamatan sebanyak 1.204 orang. Mereka akan disuntik vaksin dosis pertama.

Baca Juga  18.519 Hektare Lahan Tembakau di 19 Kecamatan Siap Panen

“Sasaran utamanya kepada nelayan, namun karena jumlahnya tidak terlalu banyak, jadi kami gabung dengan ormas, pelajar dan perusahaan. Untuk vaksinasi dosis kedua diupayakan tetap di sini,” terangnya usai meninjau vaksinasi di GOR Sarengat, Kabupaten Batang, Kamis (5/8/2021).

Bupati Batang, Wihaji menyampaikan, vaksinasi Merdeka Candi ini merupakan langkah percepatan dengan melibatkan TNI dan Polri. Menurutnya, jumlah warga yang telah divaksin dosis pertama mencapai angka 85 ribu orang.

“Prioritasnya memang di kota karena paling banyak terpapar, penduduk paling banyak ada di Kecamatan Batang,” tandasnya. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed