oleh

TNI-Polri Siap Amankan PON XX di Mimika

Timika – Ribuan personel TNI-Polri bakal dikerahkan untuk pengamanan PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021 di klaster Kabupaten Mimika.

Menurut Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata, total ada 1.000 personel TNI-Polri perbantuan atau BKO dari luar Papua yang bakal datang ke Timika jelang PON XX. Rinciannya, sebanyak 400 orang personel berasal dari Brimob Mabes Polri yang didatangkan dari Jakarta, sedangkan 600 personel lainnya dari TNI.

“Nanti ada 1.000 personel yang akan didatangkan ke Timika untuk membantu pengamanan PON. Diperkirakan pertengahan September mereka sudah tiba di Timika,” ujar AKBP Era Adhinata di Timika, Minggu (29/8).

Baca Juga  Bekerja Atas Dasar Kemanusiaan, Fraksi Gerindra akan Perjuangkan Penghargaan bagi Nakes, Aparat, dan Relawan COVID-19

Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat kunjungan kerja ke Timika pada Sabtu (28/8), meminta seluruh jajaran TNI-Polri setempat menyiapkan strategi pengamanan demi menyukseskan PON. Tujuannya pengamanan itu tidak lain agar pesta olahraga itu berjalan aman, damai, dan lancar dari segala bentuk gangguan.

Kapolri menyebut strategi pengamanan di seluruh arena PON XX Papua harus menyiapkan personel di ring satu, dua, dan tiga. “Personel TNI dan Polri harus menyiapkan pengamanan pelaksanaan PON pada ring satu, dua dan tiga. Maksimalkan kekuatan yang ada,” ujar Kapolri.

Baca Juga  PK Ojong- Jakob Oetama Mengutamakan Watak Baik dalam Menerima Karyawan

Kapolri juga menginstruksikan agar personel TNI-Polri bersinergi dengan pemda setempat untuk melakukan akselerasi vaksinasi massal.

Strategi untuk mempercepat vaksinasi di Papua dilakukan dengan menyiapkan tempat vaksin di sekolah-sekolah untuk menyasar target siswa dan orang tua murid, serta di tempat-tempat ibadah untuk masyarakat.

Nantinya, demi percepatan terwujudnya herd immunity, vaksinasi juga akan dilakukan dari rumah ke rumah sampai ke distrik atau kampung.

Baca Juga  Umat Islam Ditakut-takuti dengan HTI, Wahabi, dan Radikalisme

“Untuk mengurangi risiko penularan dan kematian akibat Covid-19, TNI-Polri bersama pemda terus melakukan akselerasi vaksinasi,” jelas Kapolri.

Kunjungan kerja Kapolri ke Timika dilakukan bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menpora Zainudin Amali. Selain melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Mimika, Panglima TNI, Kapolri, dan Menpora menyempatkan waktu meninjau venue panjat tebing PON XX di Kabupaten Mimika. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed