oleh

Pengurasan Saluran Air Penghubung Jalan Basoka Raya Guna Penanggulangan Banjir

JAKARTA – Program penanggulangan banjir terus digencarkan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat. Salah satunya dengan melakukan pengurasan saluran air agar lebih optimal menampung debit air terutama saat musim hujan tiba.

Seperti dilakukan Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Kembangan yang melakukan pengurasan saluran penghubung (PHB) Jalan Basoka Raya, Kelurahan Joglo, Kembangan.

Baca Juga  Soal Reshuflle, SMSI Berharap Presiden Mendengar Berbagai Masukan

Koordinator Lapangan Satpel SDA Kecamatan Kembangan, Sarmili mengatakan, saluran penghubung Jalan Basoka Raya yang dikuras sepanjang 500 meter dengan lebar dua meter dan kedalaman 1,5 meter.

“Kami lakukan pengurasan dengan cara manual menggunakan cangkul, cangkrang, linggis, ember dan karung untuk menempatkan lumpur,” ujar Sarmili, Kamis (29/7).

Menurutnya, dalam pengurasan ini pihaknya mengerahkan sebanyak 14 personel. Pengurasan dilakukan mengingat ketebalan lumpur di saluran penghubung itu mencapai ketebalan hingga 70 sentimeter.

Baca Juga  Perkumpulan Urang Banten (PUB) Rancang Lembaga Masyarakat Adat Banten.

“Kami rutin melakukan pengurasan saluran air setiap lima bulan sekali agar saluran lebih optimal menampung debit air,” katanya.

Ditambahkan Sarmili, pihaknya berharap warga dapat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke dalam saluran air.

“Pengurasan saluran penghubung Jalan Basoka Raya sudah dilakukan selama sepekan dan ditargetkan rampung pekan depan,” tandasnya. (*/cr1)

Baca Juga  Nadiem Tinjau Pelaksanaan PTM Sejumlah Sekolah di Solo

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed