oleh

Pembentukan Karakter ASN yang Berintegritas Harus Dilakukan Sejak Awal

PURBALINGGA – Sebagai abdi negara, Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus memiliki karakter pribadi yang tangguh, jujur, serta berintegritas. Pembentukan karakter aparatur sipil negara (ASN) yang berintegritas harus dilakukan sejak awal.

Pesan tersebut disampaikan Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, Yanuar Abidin, pada pembukaan acara Pelatihan Dasar (Latsar) bagi 70 orang CPNS Golongan III Formasi Tahun 2019, beberapa hari lalu.

Menurutnya, kegiatan latsar bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme. Para peserta diharapkan dapat melatih dirinya agar memiliki kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka sebagai pelayan masyarakat.

Baca Juga  Wajah Baru Kapolri Bawa Angin Segar Untuk Polri

“Saya harap nantinya (mereka) dapat melaksanakan fungsi sebagai ASN sebagaimana UU ASN, yakni sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa,” ungkapnya

Ditambahkan, setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun, sebelum diangkat menjadi PNS. Selama masa tersebut, CPNS wajib mengikuti dan lulus latsar.

“Dalam hal ini, maka latsar adalah prasyarat wajib untuk menjadi PNS,” katanya.

Baca Juga  Jubir PRIMA : Pemahaman Korupsi Prof Mahfud Keliru

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BPKKD) Kabupaten Purbalingga, Heriyanto, menyampaikan, kegiatan latsar tahun 2021 diikuti oleh 70 dari 468 orang CPNS Kabupaten Purbalingga formasi tahun 2019. Sisanya sebanyak 398 orang akan mengikuti latsar pada tahun depan.

“Dari 70 orang peserta, 63 orang diantaranya dari pendidikan, empat orang dari kesehatan, dua orang penyuluh kesehatan, dan satu orang penyuluh pertanian,” beber Heriyanto.

Baca Juga  Pemprov Babel Tambah Pos Pelayanan Vaksinasi

Ia menambahkan peserta latsar dibagi menjadi dua angkatan, yakni angkatan 151 yang menjalani kegiatan pada 23 Agustus hingga 5 November 2021, dan angkatan 152 pada 25 Agustus sampai 13 November 2021. Sistem pembelajaran dibagi menadi pembelajaran jarak jauh secara virtual (distance learning/virtual) serta aktualisasi atau habituasi rencana kerja oleh setiap peserta. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed