oleh

Harga Pangan di Pekalongan Cenderung Stabil

KOTA PEKALONGAN – Terhitung September 2021, harga sejumlah komoditas pangan di Kota Pekalongan cenderung stabil. Meskipun, terdapat beberapa bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Distribusi dan Keamanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan, Kusyanto saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (7/10/2021).

Simpulan tersebut, imbuh Kusyanto, berdasarkan pantauan di tiga pasar setempat, yakni Pasar Grogolan, Banyuurip, dan Podosugih.

Baca Juga  Kelompok Tani Loh Jinawi Berhasil Panen Kangkung dan Terong

“Hasil pantauan per 6 Oktober 2021, harga cenderung stabil, meskipun ada fluktuasi (harga) pada komoditas cabai dan telur. Meski demikian, ketersediannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Beberapa komoditas pangan yang dipantau, antara lain cabai, beras, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir lokal, dan minyak goreng curah.

Baca Juga  Koramil 0602-01/Kota Serang Gelar Vaksinasi Massal

Melansir jatengprov.go.id, selama bulan September, menurut Kusyanto, harga cabai mengalami fluktuasi pada kisaran Rp1.000-2.000 per minggu.

“Cabai rawit hijau pada minggu kesatu dan kedua seharga Rp16.000 (per kilogram), minggu ketiga jadi Rp18.000 per kilogram, dan minggu keempat jadi Rp20.000 per kilogram. Begitu pula, cabai merah besar yang awalnya (seharga) Rp16.000 jadi Rp25.000 (per kilogram),” bebernya.

Baca Juga  Satpol PP Kota Yogyakarta Terus Tegakkan Aturan PPKM Level 4 Melalui Patroli

Selanjutnya, harga telur mengalami penurunan, yakni Rp18 ribu pada awal September menjadi Rp16 ribu pada akhir bulan.

“Selanjutnya komoditas beras, daging ayam, dan minyak curah harganya stabil. Mudah-mudahan ini bertahan sampai dengan akhir tahun,” kata Kusyanto. (*/cr1)

News Feed