oleh

Erzaldi Rosman Dorong Percepatan Vaksinasi COVID-19 di Belitung

Belitung – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Belitung guna mempercepat pengendalian dan antisipasi penyebaran virus COVID-19 di daerah itu.

“Belitung ini agak terlambat memulai vaksinasi jadi harus ada strategi khusus untuk mempercepat vaksinasi COVID-19,” katanya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, keterlambatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Belitung jangan sampai mengganggu vaksinasi COVID-19 bagi Kabupaten lainnya di Provinsi itu karena data penyuntikan vaksin sangat berpengaruh terhadap pengadaan atau pengiriman vaksin.

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Insan Pers akan Dihadiri Presiden - Termasuk Vaksinasi dalam Rangka HPN 2021

Erzaldi menjelaskan, vaksin COVID-19 akan kembali dikirimkan berdasarkan data input pelaksanaan dan data input stok vaksin yang disampaikan secara daring.

“Jadi jika kita sampaikanlah laporan kita bahwa yang divaksin telah sekian orang terus stok vaksin kita berbeda dengan yang disampaikan maka itu tidak “balance” jadi keterlambatan-keterlambatan ini harus kita evaluasi dan perbaiki mengapa makanya kita harus mengadakan percepatan,” ujarnya.

Baca Juga  Pak Gubernur Jamin Usaha Kami Pake KUR

Selain itu, lanjut Gubernur, semakin cepatnya pelaksanaan vaksinasi COVID-19 maka langkah antisipasi terhadap penyebaran COVID-19 atau mengurangi potensi orang yang terpapar COVID-19 juga semakin cepat dilakukan.

“Misalnya ada 10 orang namun baru dua orang yang divaksinasi kira-kira delapan orang lainnya apakah kemungkinan tidak terpapar berbeda misalnya delapan yang sudah divaksin kemungkinan orang yang terpapar hanya dua,” ujarnya.

Baca Juga  Kembangkan Budidaya Lobster Dalam Negeri, Menteri Trenggono Akan Allout

Erzaldi berharap, Dinas Kesehatan Belitung dapat mempercepat penyuntikan vaksin COVID-19 dari 300 orang dalam sehari menjadi 500 orang dalam sehari.

“Selama bisa dilakukan 500 orang silahkan lakukan semaksimal mungkin,” katanya. (*/cr8)

sumber : babel.antaranews.com

News Feed